Senin, 25 November 2019

HIDUP SEHAT BUKAN WACANA - DIARY MILLENNIALS

Millennial muda dikategorikan dari umur 12-25 tahun. Dimana jiwa muda masih bergelora. Kenapa millennials yang di tekankan, karena generasi millennials lah yang mendominasi saat ini dan millennials ini yang akan membawa perubahan generasi kedepannya. Pilihannya hanya dua. menjadikannya lebih baik atau justru menjadikannya lebih buruk. Generasi millennials adalah generasi pembawa banyak perubahan. Perubahan yang serba digital. Kemajuan teknologi di era yang serba digital ini juga sangat berpengaruh pada pola makan millennials. 

Pola makan yang dijalankan masih sembarangan karena merasa masih muda, kuat dan penuh ambisi. Terlebih dengan semakin meningkatnya kemajuan teknologi  yang menawarkan berbagai kemudahan untuk para millennials yang justru malah membuat generasi ini semakin terlena. Misalnya seperti kemudahan untuk memesan makanan cepat saji yang banyak ditawarkan dengan embel-embel promo. atau menjamurnya makanan dan minuman viral yang berbondong-bondong dibeli hanya untuk sebuah eksistensi di media sosial. Ya untuk instastory misalnya. Semua memang saling berkaitan antara eksistensi atau memilih untuk memperhatikan diri. Akibatnya semua makanan dimakan tanpa melihat keseimbangnnya. Apakah berlebih atau justru ada yang kurang. Misalnya berlebih konsumsi gula, garam dan minyak. Tapi justru kurang konsumsi sayur dan buah. Berlebih main sosmed gak kenal waktu tapi kurang olahraganya 

Memperhatikan diri untuk lebih sehat lagi dari sekarang rasanya masih sangat susah untuk generasi millennials ini. Anggapan "hidup sehat saat tua saja" masih menjadi tameng andalan millennials. Padahal gak dipungkiri kalau angka kematian di usia muda saat ini sudah cukup meningkat akibat penyakit degeneratif seperti stroke, diabetes, jantung dll. Penyakit yang dulu hanya dirasa saat tua, kini sudah mulai bergeser ke generasi muda juga. Semua itu karena pola hidup millennials ini. Banyaknya kemudahan yang didapat malah membuat  terlena. 

Padahal kunci hidup sehat itu adalah keseimbangan. Seimbang aja jalanin polanya. Makan seimbang. olahraga seimbang. istirahat seimbang. kelola stress juga seimbang. Gak mudah memang, tapi mllennials masih banyak waktu buat ngejalanin ini semua dari sekarang. supaya gak menyesal  di kemudian hari

Tips Jalanin Hidup sehat biar gak cuma jadi wacana aja alias OMDO :

1. Niat

Kalau niatnya udah lurus maka semua akan lancar. kalau niatnya hidup sehat buat ikut-ikutan atau ajang pamer di sosial media pasti cuma bertahan satu minggu aja. Jadi luruskan niat dulu ya buat hidup sehat. yakini kalau jalani hidup sehat dari sekarang itu untuk bekal hidup enak dimasa tua nanti.

"Hidup sehat saat ini buat bekal hidup Enak tua nanti"

2. Buat Planning

Untuk memulai sesuatu tanpa perencanaan pasti akan bubar gitu aja. Karena akan gampang ke distract sama hal-hal gak penting. Makanya perlu banget nih buat bikin planning. Misalnya :

1. Besok Pagi gue mau nyiapin waktu 30 menit buat olahraga jogging di sekitar rumah atau tempat sekolah, kampus atau tempat kerja. Bikin deal waktu sama diri sendiri
2. Besok gue harus naik tangga nih jangan manja pakai lift terus, padahal cuma lantai 2.
3. Siapin bekel air mineral ah
4. Bekel makanan juga oke nih. Apalagi kalau ada sayur dan buahnya
5. Besok gue mau puasa jajan.
6. Besok gue mau banyakin senyum dan maafin orang.

Nah ini semua bisa dicoba nih, buat antisipasi biar gak lupa dan cuma jadi wacana, penting banget buat dicatat di handphone, karena generasi millennials kan sealalu bawa handphonenya kemana-mana tuh. Atau bisa bikin alarmnya juga nih biar bisa dijadiin habit dulu.

3. Jadi kompor ke temen-temen yang lain.

Generasi mllennials ini suka banget sama yang namaya kelompok alias geng, nah makanya kalau kita udah niat buah hidup sehat jangan setengah-setengah. Komporin aja temen-temen kita, komporin dalam artian ajak semua temen-temen genk kita pokonya yang di lingkungan kita deh. Karena percuma kalau kita hidup sehat tapi lingkungan kita gak support. Akhirnya balik lagi deh ke kebiasaan lama. atau balik lagi deh tergoda dengan promo-promo jajan disaat ngumpul.

4. Banyakin baca atau follow akun hidup sehat.

Kemudahan teknologi saat ini harus dimanfaatin buat hal positif pastinya. Mulai cari-cari bacaan yang bisa kasih insight dan motivasi buat terus hidup sehat. Banyak juga kok akun-akun di sosial media yang menawarkan itu semua. Jadi hidup sehat dibikin asik. Ya coba aja kepoin akun @ceritabergizi di instagram dan podcastnya. Lumayan lah buat update-update ilmu gizi hehe promosi. 


Jadi semua itu gak ada yang susah, semua biasa karena terbiasa. Mumpung masih muda nih biar tuanya nanti gak ribet sama pantangan makanan-makanan jadi gabisa nikmatin hidup enak sambil main sama cucu. Yuk mulai jadi millennials cerdas peduli masa depan dari sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar